Kawat Pemanis Bikin Meringis ...

(Sumber: Koran Tempo, Rabu 4 Juni 2008)


Salah pasang kawat gigi bisa berefek gangguan kesehatan seumur hidup.

Ingin tampil manis dengan kawat gigi? Model ini tengah digandrungi remaja ataupun dewasa yang bermasalah dengan gigi. Kawat yang melintang di gigi itu tak lagi dilihat sebagai penghalang, tapi justru sebagai pemanis. Anda tak perlu terburu-buru, pertimbangkan baik-baik dokter gigi yang akan menanganinya sebelum menentukan hiasan pada kawat gigi. Sebab, kesalahan pemasangan kawat gigi (fixed appliance) tak hanya sulit diperbaiki lagi, tapi juga memicu gangguan kesehatan.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Ikatan Ortodontis Indonesia (Ikorti) Prof Dr Eky Soeria Soemantri, Sp.Ort. Ia mengatakan pengobatan yang salah bisa berbahaya bagi individu itu sendiri. "Jangan main-main, karena dampaknya bisa seumur hidup: kepala pusing-pusing, gangguan pada rahang, dan biasanya lebih sulit diperbaiki," Eky mengungkapkan dalam seminar Ikorti di Jakarta, Kamis lalu.


Dia mengatakan belum ada data pasien pemasangan kawat gigi yang menjalani prosedur pemasangan yang salah. Tapi Eky mengaku, setiap bulan dia selalu menerima pasien yang harus dirawat ulang akibat kesalahan dalam praktek ortodontis. "Setiap bulan saya menerima tiga hingga lima pasien dari sekitar 20 pasien yang mengalami salah perawatan. Sayangnya, kesalahan pengobatan ini baru akan dirasakan setelah bertahun-tahun," ujarnya.

Pemasangan kawat gigi memang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi oklusi yang tidak normal alias maloklusi (malocclusion), seperti rahang bawah terlalu maju (tonggos/protrusif)). Selain itu, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, Bandung, ini menyebutkan, selama ini kondisi gigi berjejal (crowded teeth) sering hanya dianggap sebagai masalah yang mengganggu penampilan. Padahal gigi berjejal dan posisi rahang yang tidak harmonis bisa mengganggu kesehatan secara umum. Tapi, pada umumnya, pasien datang dengan keluhan estetika. "Jarang sekali pasien datang dengan keluhan sulit mengunyah," ujarnya.

Gangguan berupa kesulitan mengunyah dapat terjadi karena posisi gigi atau posisi rahang yang tidak harmonis sehingga timbullah gangguan. Eky menyebutkan, maloklusi yang tidak diperbaiki dengan tepat akan menyebabkan gigi berlubang (dental caries), penyakit gusi (periodontitis), kehilangan gusi dan kepercayaan diri, kesulitan mengunyah, dan permukaan gigi terkikis(atrisi). "Kondisi yang lebih berat bisa menyebabkan kerusakan pada sendi temporo mandibula (sendi antara tulang rahang dan tulang wajah) yang bisa menimbulkan sakit kepala terus-menerus atau masalah pencernaan," tuturnya.

Karena itu, bila kondisi ini dibiarkan lebih lama lagi, pasien bisa mengalami gangguan pada berat badan, sakit kepala yang sering, bahkan gangguan pencernaan. Yang paling ekstrem adalah timbulnya penyakit-penyakit sistemik, misalnya posisi gigi yang berjejal dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di daerah-daerah yang sulit dijangkau sikat gigi.

Sebagian besar maloklusi merupakan faktor bawaan atau keturunan (herediter), dalam hal ini termasuk gigi berjejal, ruang atau celah antara gigi (multiple diastema), kelebihan atau kekurangan gigi, celah bibir dan langit (cleft lip and palate), serta kelainan pada rahang atau muka. Namun, kondisi tersebut juga bisa ditimbulkan oleh kebiasaan buruk dan faktor lain, semisal kebiasaan mengisap jari tangan sejak kecil (thumb sucking), kebiasaan menjulurkan lidah, atau kondisi pasca kecelakaan yang menyebabkan cedera pada muka (fraktur), kehilangan gigi terlalu dini (premature loss) atau gigi yang tidak pernah tanggal (persistensi), penyakit karies gigi, serta wajah tidak simetris.

Pengobatan oklusi haruslah tepat. Namun, minimnya pengetahuan masyarakat tentang kedokteran gigi kerap menimbulkan masalah. Tak sedikit ditemukan kasus malpraktek yang dilakukan oknum dokter gigi atau orang yang mengaku kompeten dalam bidang gigi. Untuk mengantisipasi itu, Eky menyarankan masyarakat lebih cermat memilih pelayanan pemasangan kawat gigi. "Banyak dokter gigi atau orang yang mengaku ahli gigi yang sebenarnya tidak kompeten melakukan pemasangan kawat gigi. Salah prosedur bisa membahayakan pasien. Jadi, berhati-hatilah memilih perawatan," ia menyarankan.

Agar tidak salah pilih, ada beberapa panduan sederhana yang bisa diikuti. Yang paling mudah, dokter yang memasang kawat gigi haruslah spesialis ortodontis (ortodontis/orthodontist) atau disingkat Sp.Ort. Ortodontis merupakan salah satu dari tujuh cabang kedokteran gigi, yang mencakup masalah pada oklusi. Untuk mendapat gelar itu, seorang dokter gigi harus mendapat pendidikan tambahan 3-4 tahun.

Keywords: ortodonti, ortodontik, ortodonsia, ortodontis, orthodonti, orthodontic, orthodontist, maloklusi, malocclusion, crowded, tooth, teeth, oklusi, occlusion.

9 comments:

ummul said...

Thanks, atas informasinya. Sering-sering aja posting, pasti bermanfaat buat banyak orang, terutama yang akan dan sedang menjalani perawatan gigi.

Saya juga punya sedikit catatan perawatan orthodonti yang sedang saya jalani.

salam, dan selalu tersenyum,

www.ummul-orthodonti.blogspot.com

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kesehatan terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Khairul faiz said...

jangki' lupa dukung blog
f a i z a n
di angingmammiri awards kategori pendatang baru nah...
caranya : login ki' dulu di angingmamiri.org
baru klik klik disini untuk vote

Anonymous said...

salam kenal pak dokter

saya ridho mahasiswa fkg UGM
SAYA BEGITU tertarik dengan artikel anda ini
saya mahasiswa baru,baru angkatan 2008
senang membaca artikelnya
blog saya www.manusiayangtakabadi.blogspot.com

terima kasih

mutiara said...

dok,,saya jg baru 1 minggu pasang kawat ortho nya. tapi koq gusi saya ada yg bengkak ya n suka berdarah kalo sikat gigi. Apa ada yg salah? Tlg di jawab ke email saya mutiara.herlyn@rocketmail.com
terima kasih.

Devi said...

dok, sy pasang kawat gigi sudah sekitar 2.5 bulan. hingga skrg msi terasa sakit saat mengunyah bahkan hampir tidak bisa. juga jadi sariawan dan gusi sakit krn tertekan ring. metal nya juga msi suka lepas. apa ada yg keliru? satu lagi, kalau sy pindah perawatan ke dokter lain apakah kawat dan metal nya kaan diubah semua? berapa kisaran biaya perawatan dan pemasangan kawat gigi yg dilakukan oleh drg sp ort? terima kash. tolong agar jawabannya dapat di e-mail ke ams3.3dkezia@yahoo.co.id

nhunuw bolieve said...

:: bLog dokter bguuz !
:: jdii pngen pkay beheL.
:: dan quL djurusan kedok gigi.

redhy said...

nice blog dok, banyak info yg didapat dari sini,,,keep posting

PEMBICARA said...

Daeng Revolusi
Internet Marketer 1st Class
Workshop/Pelatihan 2 Hari

Jadikan Internet Mesin Uangmu!
Internet is Unlimited Market

Tempat :
Gedung Fajar Graha Pena Lt. 2 (Ruang Seminar Fajar)

Waktu :
Hari Sabtu-Minggu, 14 & 15 Mei 2011
(08.00-16.30 WITA)

Investasi Peserta :
Rp.600.000,- (Normal) | Rp.500.000,- (s.d 2 Minggu Sebelum hari H)
(Include : Ilmu yang bermanfaat, 2 kali Coffe Break + 2 kali lunch, CD Materi, Wifi Connection, Sertifikat)

Bersama Si Raja Gratis
Juri Onlinepreneurship
Konsultan UBAYA Jurusan Industri Kreatif
Ir.Agus Setyawan, MM,Chem. Eng

Tempat Terbatas 50 Orang

Anda akan mendapatkan :
- Brainstorming mendapatkan uang di dunia maya
- Berbagai cara memasarkan produk di internet
- Rahasia menaikkan traffic blog
- Blog SEO
- Penggunaan Fasilitas penunjang yang Gratis
- Rahasia mendapatkan halaman pertama di Google
- 10 cara mendapatkan profit di dunia maya
- Rahasia memasang iklan Gratis secara Radikal Tepat sasaran
- dan berbagai jurus internet lainnya

Cocok Untuk :
- Pelaku Usaha/Pengusaha
- Calon Pengusaha
- Karyawan
- Operator Warnet
- Mahasiswa
- Marketing Manager
- Pemasang Iklan
- Pensiunan/Calon Pensiunan
- Fresh Graduate/Pengangguran

Pendaftaran Via Transfer Rekening
BNI : 65251392 an Misbah Khaeriah
Mandiri : 152-00-1179029-8 an Misbah Khaeriah

Syarat Mengikuti Pelatihan :
"Membawa laptop/notebook untuk pelatihan (status milik sendiri/pinjaman)"

Contact Person :
Misbah Khaeriah (085299250083)
(085656609102)
(0411-2010261)
Ary (082187757089)

Sekretariat :
Minasa Upa blok N20/8